DIARY BAITUL ARQAM UHAMKA

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hai para Hamka muda,Perkenalkan nama aku Robiah adawiyah annisatush sholihah
Jurusan manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka.
Kalian udah pada tau belum nih saat kita menjadi mahasiswa baru UHAMKA ,kita diwajibkan mengikuti kegiatan BAITUL ARQAM MAHASISWA.
Apasih Baitul arqam itu?Baitul arqam adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperdalam ilmu agama kita,serta untuk mengetahui tokoh tokoh islam(Muhammadiyah) dan karya karyanya.Disini aku akan menceritakan pengalamanku mengikuti kegiatan Baitul arqam yang dilakukan selama 3hari 2 malam.
Hari pertama
Di pagi hari ,sekitar pukul 6 aku berangkat menuju kampus uhamka tepatnya di gedung kampus FEB.Setelah sampai disana aku menunggu teman teman yang belum datang sekalian mendengarkan arahan dari panitia.Setelah itu aku menuju Aula kampus untuk melakukan pembukaan acara,Sesudah acara pembukaan aku di arahkan untuk berjalan kaki menuju gedung kampus FKIP yang jaraknya lumayan kalo berjalan kaki ya heheh.Sesampainya disana aku langsung menuju kelas yang sudah di bagikan .Disana aku mulai mendengarkan materi ,materi pertama tentang "Islam berkemajuan"dari materi ini aku jadi paham apa itu islam bekemajuan ,rumusan islam berkemajuan,dan pilar pilar islam berkemajuan.
Setelah memahami materi yg diajarkan kita masuk ke sesi tanya jawab.Dilanjutkan dengan istirahat.Materi kedua yang berjudul"Ilmu alamiah amal ilmiah"dari  materi ini aku jadi paham kenapa islam disebut agama ilmu.Karakteristik ilmu alamiah amal ilmiah ,dan juga para ilmuwan muslim.Seharian mengikuti materi dan kegiiatan yang ada,kita diberi waktu untuk beristirahat ,waktu ini aku gunakan dengan sebaik baiknya untuk membersihkan badan serta tidur ,sebelum tidur aku mengobrol sedikit dengan teman teman sekamar ku,ada kejadia lucu saat itu yaitu kasur teman ku roboh hahah,pas udah di benerin malah aku dan temanku itu tidur bareng dikasur yang roboh itu,walaupun ada sedikit perasaan takut saat tidur berdua di kasur yang rapuh itu,tapi aku coba tidur karna udh lelah sekali seharian ini.
Hari kedua
Pada dini hari sekitar pukul setengah 3 pagi kita dibangunin sama panitia untuk solat tahajud,pas dimasjid aku ngantuk sekali karna belum terbiasa bangun pagi untuk solat tahajud,apalagi saat itu aku sedang berhalangan untuk solat jadi harus menunggu teman yang lainnya membaca quran dan solat tahajud sampai solat subuh,walaupun berat sekali menahan ngantuk tapi aku berusaha mengikuti kegiatan itu sampai selesai.Selesai solat subuh kita melakukan senam pagi,saat  senam ini sedikit mengeluarkan energi dan keringat ya hahah,tapi menyenangkan sekali senam bersama teman teman.Nah ,selesai olahrga kita sarapan setelah itu kita bersih bersih dan ganti baju untuk melanjutkan materi yang ada.
Sehabis ganti baju kita menuju ke kelas untuk melakukan praktek membaca quran ,wudhu dan dan sholat.Setelah praktek kita mendengarkan materi ,waktu tak terasa udah menuju jam makan siang,kita istirahat dulu.Dilanjutkan lagi mendengarkan materi yang udah dijadwalkan,Tak terasa semua materi sudah kita pelajari dan pahami,dilanjutkan kita melakukan diskusi pleno namanya,dimana setiap kelompok mepresentasikan materi yang sudah di beri dan melakukan tanya jawab,disesi ini aku memahami bahwa setiap mahasiswa disini memopunyai pemikiran yang berbeda dan juga wawasan yang luas.
Di malam hari setelah mengikuti kegiatan yang ada di pagi sampai sore hari kita mengikutin pensi dan setiap kelompok menampilkan bakatnya masing masing.Acara ini sangat menghibur semua orang.Setelah seluruh rangkain acara hari  kedua ini selesai kita diberi istirahat ,aku mengganti baju dan langsung tidur .
Hari ketiga
Pagi hari pukul 3 aku sudah mengikuti tadarus alquran dan solat lagi,tapi kali ini aku bersemangat karna ini sudah hari terakhir aku mengikuti BAM.Saat sudah selesai solat kita mengikuti acara penutupan bam ,acara ini kita membagikan kesan dan pesan kita saat mengikuti BAM ,para mahasiswa terbaik yang mengikuti BAM di beri hadiah ,dan juga sesi foto bersama para kelompok dan instruktur.Setelah kegiatan ini aku berharap menjadi mahasiswa UHAMKA yang mampu memberi ilmu yang bermanfaat kepada sesama,dan juga memajukan islam seperti para tokoh muhammadiyah .Sekian dari pengalaman ku ini.Sampai jumpa lagi untuk cerita  pengalamanku yang lainnya .
Wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar